ANALISIS KINERJA LALULINTAS PADA RUAS JALAN JENDERAL SOEHARTO AKIBAT AKTIVITAS GLORY SWALAYAN
Abstract
Glory Swalayan yang terletak di Kota Kupang memiliki aktivitas perbelanjaan yang cukup tinggi. Aktivitas ini tentunya menimbulkan pergerakan manusia dan barang menggunakan moda transportasi yang dimana dapat mempengaruhi tingkat kemacetan lalu lintas pada ruas jalan Jenderal Soeharto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas dan tingkat pelayanannya yang ditentukan berdasarkan nilai DJ pada segmen jalan Jenderal Soeharto terkait arus lalu lintas dan kebutuhan ruang parkir untuk Glory Swalayan. Metode yang digunakan untuk menganalisa kinerja lalu lintas mengacu pada PKJI 2014 dan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir pada kawasan Glory Swalayan. Dari hasil analisis kinerja lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Sabtu sebesar 2179,6 skr/jam, dengan kapasitas jalan akibat adanya parkir badan jalan yakni sebesar 2009,70 skr/jam diperoleh derajat kejenuhan (DJ) sebesar 1,08 dimana tingkat pelayanan ini berada pada kategori F. Hasil kebutuhan ruang parkir pada lahan sebesar 69 m2 untuk sepeda motor, 11,5 m2 untuk kendaraan ringan, 12,5 m2 untuk kendaraan berat, dan kendaraan ringan pengunjung yang parkir pada badan jalan adalah 149,5 m2.
Glory Supermarket located in Kupang City has a fairly high shopping activity. This activity certainly causes the movement of people and goods using transportation modes which can affect the level of traffic congestion on the General Soeharto road section. This study aims to determine traffic performance and service level which is determined based on the value of DJ on the General Soeharto road segment related to traffic flow, and the need for parking spaces for Glory Supermarket. The methods used to analyse traffic performance refer to IRCG 2014 and Technical Guidelines for Organizing Parking Facilities to determine the need for parking spaces in the Glory Supermarket area. From the results of the analysis of the highest traffic performance occurred on Saturday is 2179.6 skr / hour, with the road capacity due to the parking of the road body is 2009.70 skr / hour obtained a degree of saturation (DJ) of 1.08 where this service level on category F. The result of the need for parking space on land is 76.5 m2 for motorcycles, 11.5 m2 for light vehicles, 25 m2for heavy vehicles, and light vehicles for visitors who park on the road body is 149.5 m2
References
BPS Kota Kupang. (2022). Kota Kupang Dalam Angka Kupang Municipality in Figures 2022 (BPS Kota Kupang, Ed.). BPS Kota Kupang.
Julianto, E. N. (2016). Analisis Kapasitas Ruang Parkir Mobil Penumpang Off Street FIK dan FT Universitas Negeri Semarang. Teknik Sipil & Perencanaan, 18, 149–158.
Lestari, F. A. (2014). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Pusat Perbelanjaan di Kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang Terhadap Kinerja Ruas Jalan. Fropil, 2.
Marsaoli, N. (2017). Analysis Intersection Performance Based on Regional Characteristics, Traffic Characteristics and Accessibilities (Case study of central business district area of Ternate city). In International Journal of Applied Engineering Research (Vol. 12). http://www.ripublication.com
PKJI. (2014). Kapasitas Jalan Perkotaan. In Pedoman Bahan Kontruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil.
Prasetiyo. (2014). Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Pada Kawasan Pusat Perdangangan Kota Tomohon. Sabua.
Wardanah. (2018). Studi Peningkatan Kinerja Ruas Jalan Jendral Ahmad Yani Kota Parepare (Studi Kasus Koridor Ruas Jalan Jendral Ahmad Yani) [Tesis]. Universitas Bosowa Makassar.
Copyright (c) 2024 Joey M. Sena, John H. Frans, Judi K. Nasjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.