KAJIAN FAKTOR PENYEBAB KETIDAKEFEKTIFAN KINERJA TERMINAL MENA KOTA RUTENG KABUPATEN MANGGARAI

  • Marry G. A. Gaut Prodi Teknik Sipil, FST Undana
  • John H. Frans Prodi Teknik Sipil, FST Undana
  • Tri M. W. Sir Prodi Teknik Sipil, FST Undana
Keywords: Terminal Mena, Kapasitas, Ketidakefektifan, Strategi Pengelolaan

Abstract

Terminal Mena, Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai dalam pengoperasiannya menghadapi permasalahan sehingga kinerjanya tidak efektif,berbagai permasalahan disebabkan faktor yang terdapat dalam dan luar terminal. Berdasarkan data dan pengamatan di Terminal Mena dilakukan beberapa analisis. Berdasarkan uji binomial sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : PM 40 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Terminal Angkutan Jalan terbukti ketersediaan fasilitas pelayanan di Terminal Mena kurang. Analisis peramalan dengan metode regresi linear menyatakan terjadinya penurunan jumlah penumpang dan kendaraan dari tahun ramalan 2022 sampai dengan tahun 2031. Berdasarkan analisis jam puncak volume penumpang dan volume kendaraan tahun 2017 sampai tahun 2021 menurun. Analisis kapasitas berdasarkan kebutuhan luasan terminal berdasarkan Rancangan Pedoman Teknis Pembangunan Dan Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Dan Barang oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat Terminal Mena seharunya memiliki luas sebesar 35000 m² dengan 10725.52 m² total luas ruang, 3217.65 m² luas taman, dan 21056.83 m² untuk cadangan pengembangan sedangkan luas saat ini hanya 4031 m².Berdasarkan metode analisis mean dan metode PLS-SEM faktor utama penyebab ketidakefektifan berdasarkan persepsi penumpang adalah sikap pengguna jasa terminal dan persepsi pengemudi adalah faktor aksesibilitas. Berdasarkan Analisis SWOT pengelolaan Terminal Mena pada kondisi tidak menguntungkan karena menghadapi ancaman dan kelemahan sehingga diberikan strategi untuk mengatasi permasalahan pada pengelolaannya.

Terminal Mena, Ruteng City, Manggarai Regency inoperation faces problems causeits performanceinffective, problems caused by factors that are inside and outside terminal. Based on data, observations at Terminal Mena, several analyzes carried out. On binomial test according to Regulation Minister of Transportation of Republic of Indonesia Number: PM 40 of 2015 concerning Service Standards for Road Transport Terminals, proven that availability of service facilities at Terminal Mena is lacking. Forecasting with linear regression method will decrease number of passengers and vehicles from the forecast year 2022 to 2031. On analysis of peak hour passenger volume, vehicle volume 2017 to 2021 decreased. Capacity analysis posit Draft Technical Guidelines for Development and Implementation of Passenger and Goods Transportation by Directorate General of Land Transportation, Terminal Mena should have 35000 m² of area with 10725.52 m² of total space, 3217.65 m² of park area, and 21056.83 m² for development reserves while area currently only 4031 m². Based mean analysis method and PLS-SEM method, main factor causing ineffectiveness based on passenger perceptions is attitude of terminal users, driver's perception is accessibility factor. SWOT Analysis proves management of Terminal Mena in unfavorable conditions so a strategy is given to overcome the problems.

References

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. (1993). Keputusan Direktorat Jenderal No.14 tahun 1993 tentang Rancangan Pedoman Teknis Pembangunan Dan Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Dan Barang. Jakarta

Matheos, J. (2020). Analisis Kapasitas dan Kinerja Terminal Berdasarkan Pergerakan Penumpang dan Kendaraan Pada Terminal Penumpang Bus Madawat Kota Maumere. Jurnal Teknik Sipil, 25(1), 1–9.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (1995). Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 Tentang Terminal Transportasi Jalan. Jakarta.

Munawar, A. (2005). Dasar-Dasar Teknik Transportasi. In Yogyakarta. Beta Offset.

Ndoen, P. C. M. (2017). Evaluasi dan Pengembangan Kapasitas Terminal Bus Kota Kupang. 6(2), 129–142.

Published
2024-12-31
How to Cite
Gaut, M. G. A., Frans, J. H., & Sir, T. M. W. (2024). KAJIAN FAKTOR PENYEBAB KETIDAKEFEKTIFAN KINERJA TERMINAL MENA KOTA RUTENG KABUPATEN MANGGARAI. Jurnal Teknik Sipil, 13(2), 131-144. Retrieved from https://sipil.ejournal.web.id/index.php/jts/article/view/827

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.