ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE BINA MARGA 2017 DAN PROGRAM KENPAVE
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besarnya tebal perkerasan yang tepat dengan kondisi lalu lintas pada lokasi tinjauan. Dalam mendesain tebal struktur perkerasan menggunakan standar metode bina marga 2017 dan metode analisa komponen serta menggunakan program kenpave untuk mengetahui besarnya regangan pada lapis perkerasan yakni nilai vertical strain dan horizontal principal strain yang terjadi. Selanjutnya menghitung repetisi beban yang berdasarkan nilai regangan yang diperoleh. Sementara, jenis perkerasan yang ditinjau merupakan perkerasan lentur (flexible pavement). Penelitian dilakukan terhadap sepanjang ruas Jalan Pulau Indah, Oesapa Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur dengan panjang ruas jalan sebesar 320 m. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa dari tebal perkerasan yang diperoleh dengan metode bina marga 2017 dan metode analisa komponen dibandingkan dengan tebal perkerasan dari perencanaan awal Jalan Pulau Indah, jauh lebih memberikan kekuatan dalam memikul beban lalu lintas ditunjukkan dengan nilai repetisi beban yang diperoleh membuktikan bahwa semakin tebalnya lapis perkerasan maka semakin kecil regangan yang terjadi pada lapis permukaan dan semakin kecil regangan yang diteruskan pada lapis tanah dasar.
This research was conducted to determine the appropriate pavement thickness with traffic conditions at the review location. In designing the thickness of the pavement structure using the 2017 Highways standard method and the component analysis method and using the Kenpave program to determine the amount of strain on the pavement layer, namely the value of the vertical strain and the horizontal principal strain that occurs. Next, calculate the repetition load based on the strain value obtained. Meanwhile, the type of pavement under review is flexible pavement. The research was conducted along Jalan Pulau Indah, West Oesapa, Kupang City, East Nusa Tenggara with a road length of 320 m. The results of this study prove that the thickness of the pavement obtained by the 2017 Highways method and the component analysis method compared to the thickness of the pavement from the initial planning of Jalan Pulau Indah, provides much more strength in carrying traffic loads, indicating by the load repetition values obtained proving that The thicker the pavement layer, the smaller the strain that occurs in the surface layer and the smaller the strain that is transmitted to the subgrade layer.
References
Area, U. M. (2021). MENGGUNAKAN PROGRAM KENPAVE SKRIPSI Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Dalam Ujian Sidang Sarjana Teknik Sipil Strata Satu Universitas Medan Area Disusun Oleh NURSYAFITRI BR REGAR FAKULTAS TEKNIK.
Cahyaka, H. W., Wibowo, A., Handayani, K. D., Wiyono, A., & Santoso, E. H. (2018). TIM EJOURNAL Ketua Penyunting : Penyunting : Mitra bestari : Penyunting Pelaksana : Redaksi : Jurusan Teknik Sipil ( A4 ) FT UNESA Ketintang - Surabaya Website : tekniksipilunesa . org Email : REKATS. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil, 1(1), 186–194.
Chrisnanda, R. (2018). Tugas Akhir. 175.45.187.195, 31124. ftp://175.45.187.195/Titipan-Files/BAHAN WISUDA PERIODE V 18 MEI 2013/FULLTEKS/PD/lovita meika savitri (0710710019).pdf
Dinata, D. I., Rahmawati, A., & Setiawan, D. (2017). … dengan metode analisa komponen dari Bina Marga 1987 dan metode AASHTO 1993 menggunakan program KENPAVE (studi kasus: jalan karangmojo-semin sta 0+ …. Semesta Teknika, 20(1), 8–19. http://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/view/2723
Direktorat Jenderal Bina Marga. (2017). Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga. SE Panduan Pemilihan Teknologi Pemeliharaan Preventif Perkerasan Jalan.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title.
From, D., & From, D. (n.d.). Downloaded From : www.EasyEngineering.net.
Mukhlis, M., Djakfar, L., & Harimurti, H. (2017). Analisa Tegangan, Regangan Dan Deformasi Pada Perkerasan Konvensional Dan Perkerasan Porus. Rekayasa Sipil, 11(3), 203–210. https://doi.org/10.21776/ub.rekayasasipil/2017.011.03.5
Pambudi, R. A., & Fauziah, M. (2021). EVALUASI PERANCANGAN STRUKTUR PERKERASAAN DENGAN METODE BINA MARGA 2017 DAN PROGRAM KENPAVE MENGGUNAKAN PENDEKATAN ELASTIK DAN VISKOELASTIK ( Studi Kasus : Jalan Simpang Pundu – Tumbang Samba ) Universitas Islam Indonesia ABSTRAK ISBN : 978-623-6572-45-0 . 303–314.
Rahayu, A. (2019). Bab iii landasan teori 3.1. Http://E-Journal.Uajy.Ac.Id/7244/4/3TF03686.Pdf, 2010, 15–48. http://e-journal.uajy.ac.id/7244/4/3TF03686.pdf
Sukirman, S. (1999). Tl I/ ,1. Perkerasan Jalan Lentur, 1–129.
Copyright (c) 2023 Elza Marlina, John H. Frans, Judi K. Nasjono
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.