ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN RUANG PENDIDIKAN PADA FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK UNDANA
Abstract
Fakultas Sains dan Teknik (FST) adalah salah satu fakultas di bawah naungan Universitas Nusa Cendana (Undana). Dalam periode 2006-2017 jumlah mahasiswa FST meningkat menjadi 4047 mahasiswa. Namun dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa tidak diikuti dengan penambahan gedung perkuliahan. Keadaan itu menuntut penyediaan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statis dan analisis matematis. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh ketersediaan ruang kuliah di FST Undana pada tahun 2017 adalah sebanyak 47 ruang dengan total luas ruang kuliah sebesar 2918 m2 dan kebutuhan ruang kuliah di FST Undana pada tahun 2017 adalah sebanyak 58 ruang dengan total luas ruang kuliah sebesar 6071 m2. Untuk tahun 2022 kebutuhan jumlah dan luas ruang kuliah di FST adalah sebanyak 97 ruang dengan total luas ruang kuliah sebesar 10684 m2 dan untuk tahun 2027 sebanyak 130 ruang dengan total luas ruang kuliah sebesar 14950 m2.
References
Nawari, (2007). Analisis Regresi dengan Ms. Excel 2007 dan SPSS 2017, Penerbit PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta.
Putro, T. M. (2009). Kajian Dimensi Perabot, Penataan Perabot, Dan Besaran Ruang Pada Ruang Teori Dan Ruang Gambar Di Jurusan Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. UPT UNY, Yogyakarta.
Riyanto, S. (2009). Studi Kebutuhan Sekolah Menengah di Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Thesis Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota. Magister Teknik Undip, Semarang.
Sa’ud & Makmun. (2005). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komperhensif. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sumarjo & Purwantoro, D. (2012). Analisis Kecukupan Prasarana Pendidikan Fakultas Teknik UNY Untuk Mendukung Program Renstra Tahun 2010-2014. Jurnal. UPT UNY, Yogyakarta.