KINERJA LALU-LINTAS SIMPANG TAKBERSINYAL PADA KOMPLEKS KAMPUS UNIVERSITAS NUSA CENDANA

  • John H. Frans Jurusan Teknik Sipil, FST Undana - Kupang
  • Wilhelmus Bunganaen Jurusan Teknik Sipil, FST Undana - Kupang
  • Matelda Banu Jurusan Teknik Sipil, FST Undana - Kupang
Keywords: Kinerja simpang tak bersinyal, Derajat kejenuhan, Performance, Unsignalized intersection, Degree of saturation

Abstract

Arus lalu-lintas pada area kampus terus meningkat setiap tahunnya, hal inilah yang menyebabkan terjadinya masalah lalu-lintas khususnya pada daerah simpang, sehingga perlu dilakukan analisi. Analisis dilakukan pada 5 simpang dengan menggunakan aturan dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, volume kendaraan terbesar pada jam puncak pagi hari (simpang I, simpang II dan simpang V) dan pada siang hari (simpang III dan simpang IV). Cara paling cepat untuk mengetahui kinerja dari suatu simpang dapat dilihat nilai derajat kejenuhannya, untuk itu berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa dari kelima simpang yang dianalisis, simpang yang sudah dalam keadaan jenuh yaitu simpang I dengan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,89 dan simpang II dengan nilai derajat kejenuhannya sebesar 1,07, dimana nilainya lebih besar dari 0,75. Rekomendasi peningkatan kinerja pada simpang berupa alternatif perubahan lebar pada pendekat jalan utama dan jalan minor, pengalihan arus lalu-lintas dan larangan parkir pada daerah simpang. Setelah direkomendasikan alternatif tersebut, derajat kejenuhan pada simpang I menjadi 0,62 dan derajat kejenuhan pada simpang II menjadi 0,57 lebih kecil dari 0,75.

Traffic flow on campus area continues to increase every year, it causes traffic problems, especially in the intersection, so it needs to be done analysis. The analysis was performed on 5 intersections using the rules in the Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Based on the results of the research, the largest volume of vehicles at the peak hour of the morning (intersection I, intersection II and intersection V) and at noon (intersection III and Intersection IV). The fastest way to determine the performance an intersection can be seen the saturation degree value, for that based on the calculation results can be concluded that from the five intersections are analyzed, intersection that already in the saturated state of intersection I with the value of degree of saturation of 0,89 and intersection II with The value of its saturation degree of 1,07, where the value is greater than 0,75. Recommendation of performance improvement at intersection in the form of alternate width change on main road and minor road approach, traffic diversion and parking ban at intersection area. After the recommended alternative, the saturations degree at intersection I becomes 0,62 and the saturations degree at intersection II becomes 0,57 smaller than 0,75.

Metrics

Metrics Loading ...
Published
2018-08-25
How to Cite
Frans, J. H., Bunganaen, W., & Banu, M. (2018). KINERJA LALU-LINTAS SIMPANG TAKBERSINYAL PADA KOMPLEKS KAMPUS UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Jurnal Teknik Sipil, 7(1), 23-30. https://doi.org/10.35508/jts.7.1.23-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.