PERENCANAAN LAPIS TAMBAHAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE HRODI (RUAS JALAN MELOLO – WAIJELU)
Keywords:
Lapisan Tambahan, Metode HRODI(Overlay, HRODI Method)
Abstract
ABSTRACTThe condition of street damage at route of Melolo – waijelu (Km 53+130, Km
68+133) shown about: soft crake, surging counter, and decline surface. All of those
are resistance factor for user trafic road that can becaused the negative impact on
development region aroud. This paper is aimed to explain the design thickness layer
of overlay. The design process is using Hot Rolled Overlay Design for Indonesia
(HRODI) method and outline of design activity consist on: collecting data, and data
analyze. The results that found were shown about overlay thickness layers are
varying, started from 3 cm, 7 cm, until 9 cm are composite on HRS (Hot Rolled
Sheet) type and ATBL (Asphalt Treated Base Leveling).
ABSTRAK
Kondisi jalan yang rusak pada ruas jalan Melolo – Waijelu (Km 53+130, Km 68+133)
yang nampak : patahan halus, kepingan bergelombang dan turunnya permukaan jalan.
Semua hal tersebut diakibatkan faktor perlawanan dari pengguna jalan yang dapat
mengakibatkan dampak negatif pada pengembangan daerah sekitar. Tulisan ini
menjelaskan tentang perencanaan ketebalan lapis permukaan jalan. Proses
perencanaan ini menggunakan metode Hot Rolled Overlay Design for Indonesia
(HRODI), dimana metode dan garis besar aktivitas perencanaan terdiri dari :
pengumpulan data dan analisis data. Hasilnya memperlihatkan bahwa ketebalan lapis
permukaan (lapis tambahan) jalan diperoleh hasil yang bervariasi, dimulai dari 3 cm,
7 cm sampai 9 cm adalah campuran HRS (Hot Rolled Sheet) dan ATBL (Asphalt
Treated Base Leveling).
Metrics
Metrics Loading ...
Published
2012-09-10
How to Cite
Kumalawati, A. (2012). PERENCANAAN LAPIS TAMBAHAN PERKERASAN JALAN DENGAN METODE HRODI (RUAS JALAN MELOLO – WAIJELU). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 95-103. https://doi.org/10.35508/jts.1.3.95-103
Issue
Section
Articles