PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALULINTAS DI KABUPATEN SABU-RAIJUA

  • Andi Kumalawati Prodi Teknik Sipil, FST Undana
  • Melyani Prodi Teknik Sipil, FST Undana
  • Jusuf J. S. Pah Prodi Teknik Sipil, FST Undana
Keywords: Kecelakaan Lalu Lintas, Daerah Rawan Kecelakaan, Penanganan Kecelakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik kecelakaan lalu lintas dan mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan agar dapat memberikan upaya penanganan pada daerah rawan kecelakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif Angka Ekivalen Kecelakaan, Batas Kontrol Atas, dan Upper Control Limit. Hasil analisis karakteristik kecelakaan lalu lintas berdasarkan faktor penyebab kecelakaan terbanyak yaitu kondisi jalan yang rusak dengan persentase 24,9%, tipe kecelakaan yang paling banyak dialami yaitu kecelakaan tunggal sebesar 36,7%, pengguna jalan yang terlibat pada kecelakaan lalu lintas didominasi oleh sepeda motor sebesar 74,7%, kecelakaan lalu lintas paling banyak terjadi di lingkungan pemukiman sebesar 67,0%, waktu kejadian kecelakaan paling sering pada siang hari : 12.00-18.00 dengan persentase sebesar 35,9%, kejadian kecelakan yang paling sering terjadi yaitu saat pengemudi sedang bergerak lurus sebesar 33%. Daerah rawan kecelakaan yaitu ruas Jalan Menia dengan nilai AEK (183) melewati BKA (125,54) dan UCL (168,43). Penanganan yang perlu dilakukan yakni membuat trotoar, perbaikan rambu lalu lintas, dan pemasangan pagar pengaman (guardrail).

This study aims to analyse the characteristics of traffic accidents and identify blackspots in order to provide handling efforts on blackspots. The research method used is the Descriptive Analysis method of Accident Equivalent Number, Upper Control Limit, and Upper Control Limit. The results of the analysis of traffic accident characteristics based on the factors that cause the most accidents are damaged road conditions with a percentage of 24,9%, the type of collision most experienced is a single accident at 36,7%, the road users involved in traffic accidents are dominated by motorbikes at 74,7%, the most traffic accidents occur in residential areas at 67,0%, the time of the accident most often occurs during the day: 12.00-18.00 with a percentage of 35,9%, the most frequent accident is when the driver is moving straight by 33%. The blackspot is the Menia Road section with the AEK value (183) passing the BKA (125.54) and UCL (168.43). Handling that needs to be done is to make sidewalks, improve traffic signs, and install guardrails.

References

Ariska, T. Y., Mubarak, & Husin, S. (2022). Analisis Frekuensi Risiko Proyek Konstruksi Gedung Pada Faktor-Faktor Sumber Daya. Journal of The Civil Engineering Student, 4(2), 178.

Bolla, M. E., Messah, Y. A., & Bunga Koreh, M. M. (2013). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu lintas (Studi Kasus Ruas Jalan Timor Raya Kota Kupang). Jurnal Teknik Sipil, II(2), 149.

Dewi, N. M. L. K. (2021). Tingkat Asupan Zat Gizi Makro dan Status Gizi Tenaga Kerja di Sun Island Hotel And Spa Kuta. Poltekkes Kemenkes Denpasar.

Kumalawati, A., Aklis, L. N. D., Bella, R. A., & Rizal, A. H. (2023a). Characteristics Of Gender Based Traffic Accident In Kupang City. Jurnal Forum Teknik Sipil, 3(1), 56–64.

Kumalawati, A., Aklis, L. N. D., Bella, R. A., & Rizal, A. H. (2023b). Model Peluang Kecelakaan Lalu Lintas Berbasis Gender Di Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil, 12(1), 88.

Panjaitan, R. P. (2021). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Pemda Perawang Barat Dengan Menggunakan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan Dan Metode Upper Control Limit. Universitas Islam Riau.

Poerwadarminta, W. J. S. (1993). Kamus Umum Bahasa Indonesia (2nd ed.). Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan : Balai Pustaka.

Putri, C. E. (2014). Analisis Karakteristik Kecelakaan dan Faktor Penyebab Kecelakaan pada Lokasi Blackspot di Kota Kayu Agung. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(1), 154.

Shelayanti, N. L. B. (2019). Tingkat Asupan Zat Gizi Makro dan Status Gizi Tenaga Kerja di Sun Island Hotel And Spa Kuta. Poltekkes Denpasar.

Susanto, A. (2015). Kendala dan Tantangan Penerapan Sistem Drainase Berkelanjutan pada Kawasan Perumahan di Wilayan Sleman Bagian Barat. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Published
2025-06-30
How to Cite
Kumalawati, A., Melyani, & Pah, J. J. S. (2025). PENANGANAN DAERAH RAWAN KECELAKAAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK KECELAKAAN LALULINTAS DI KABUPATEN SABU-RAIJUA. Jurnal Teknik Sipil, 14(1), 121-134. Retrieved from https://sipil.ejournal.web.id/index.php/jts/article/view/1114

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.