ANALISIS KINERJA SIMPANG TAKBERSINYAL MENGGUNAKAN APLIKASI PTV VISSIM

STUDI KASUS SIMPANG JALAN PULAU SEBESI – JALAN H. I. MADANG–JALAN PROF. D. R. HAMKA

  • Rifki K. F. Pangestu Universitas Lampung
  • Dwi Herianto Universitas Lampung
  • Sasana Putra Universitas Lampung
Keywords: Persimpangan, Kinerja Simpang, PKJI 2023, PTV Vissim

Abstract

Persimpangan Jalan Pulau Sebesi – Jalan Hi. Madang – Jalan Prof. Dr. Hamka terletak di lokasi yang cukup strategis, menyebabkan kejenuhan arus lalu lintas di daerah persimpangan pada saat jam sibuk. Dilakukan analisis kinerja simpang untuk menentukan solusi yang tepat menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia tahun 2023 dan aplikasi PTV Vissim. Hasil dari analisis menggunakan metode PKJI 2023 adalah tundaan 11,86 detik/kendaraan. Pada analisis Vissim didapatkan tundaan lengan Utara 24,25 detik; Selatan 30,2 detik; Barat 19,01 detik; Timur 10,76 detik; serta node simpang 18,4 detik. Peluang antrian pada metode PKJI 2023 adalah 34,77% – 16,72%. Tingkat pelayanan pada metode PKJI 2023 adalah B, sedangkan pada aplikasi Vissim tingkat pelayanan yang dihasilkan adalah C. Rekomendasi PKJI 2023 adalah memasang rambu lalu lintas seperti rambu dilarang parkir maupun dilarang berhenti di sekitar lokasi persimpangan guna menghindari terjadinya kemacetan. Rekomendasi aplikasi PTV Vissim yaitu melakukan pelebaran 2 meter di setiap lengan persimpangan, didapatkan hasil tundaan pada lengan Selatan 3,97 detik dengan tingkat pelayanan A; Utara 4,75 detik dengan tingkat pelayanan A; Barat 10,65 detik dengan tingkat pelayanan B; Timur 11,72 detik dengan tingkat pelayanan B; dan node simpang 9,46 detik dengan tingkat pelayanan A.

The intersection of Jalan Pulau Sebesi, Jalan Hi. Madang, and Jalan Prof. Dr. Hamka is strategically located, causing traffic congestion during peak hours. An intersection performance analysis was conducted using the Indonesian Road Capacity Guidelines (PKJI) 2023 and the PTV Vissim application. The PKJI 2023 method showed a delay of 11.86 seconds/vehicle. Vissim analysis found delays of 24.25 seconds for the North arm, 30.2 seconds for the South arm, 19.01 seconds for the West arm, 10.76 seconds for the East arm, and 18.4 seconds for the intersection node. The queue probability using PKJI 2023 was 34.77% – 16.72%. The level of service was B with PKJI 2023, and C with Vissim. PKJI 2023 recommended installing no parking and no stopping signs around the intersection to prevent congestion. The PTV Vissim recommended a 2-meter widening of each intersection arm, resulting in delays of 3.97 seconds on the South arm (level of service A), 4.75 seconds on the North arm (level of service A), 10.65 seconds on the West arm (level of service B), 11.72 seconds on the East arm (level of service B), and 9.46 seconds at the intersection node (level of service A).

References

Ansusanto, J. Dwijoko dan Tanggu, Siprianus. (2016)., Analisis Kinerja dan Manajemen Pada Simpang Dengan Derajat Kejenuhan Tinggi. Jurnal Dinamika Rekayasa. Vol. 12 No. 2: 79-86.

Arya Putra, Fanky., (2023). Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Lintas Barat Sumatera (Studi Kasus Jalan Ahmad Yani – Jalan Pemuda Pringsewu). (Skripsi). Universitas Lampung, Lampung

Dwithami Ulfah, Fadila (2019)., Analisis Kinerja Persimpangan Jalan Laswi dengan Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung Menggunakan PTV VISSIM 9.0. RekaRacana: Jurnal Teknik Sipil. Vol. 5. No. 3. September 2019.

Hadi, S., & Khairurrasyid. (2024). Performance analysis of unsignalized intersection using PTV vissim software modeling (case study of sakra 4-way intersection, East Lombok). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1321(1), 012027.

Harianto, Joni (2004)., Perencanaan Persimpangan Tidak Sebidang Pada Jalan Raya. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Juwita, Farida., (2021)., Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Menggunakan PTV VISSIM 9.0 (Studi Kasus Jalan AH Nasution – Jalan Way Pangabuan – Jalan Tanggamus). Jurnal Teknika Sains. Vol. 3 No. 11.

Kementerian PUPR (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Binamarga, Jakarta.

Khisty, C. J., dan Kent Lall, B., (2005), Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid I, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Menteri Perhubungan (2015), Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas. Menteri Perhubungan. Jakarta.

Muchlisin. (2019). Optimization Model of Unsignalized Intersection to Signalized Intersection Using PTV. VISSIM: Study Case in Imogiri Barat and Tritunggal Intersection, Yogyakarta, Indonesia. The International Journal of Integrated Engineering, 11, 11–25.

Muraleedharan, A. (2023). Signalized intersection simulation and traffic signal control for a complex intersection in Gothenburg Analysis of signal control system in Ullevigatan – Skånegatan intersection (thesis). CHALMERS UNIVERSITY, Gothenburg.

Nyame-Baafi, E., Adams, C. A., & Osei, K. K. (2018). Volume warrants for major and minor roads left-turning traffic lanes at unsignalized T-intersections: A case study using Vissim modelling. Journal of Traffic and Transportation Engineering (English Edition), 5(5), 417–428.

PTV VISSIM. (2007), PTV VISSIM 05 User Manual. PTV AG, Karlsruhe. Germany

Rahma Pinggungan, Fica, 2019. Tinjauan Tingkat Kinerja Simpang Tidak Bersinyal (Studi Kasus Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan Jalan JendralSuprapto – S. Parman, Bandar Lampung). (Skripsi). Universitas Lampung, Lampung.

Rajab, N. A., Awad, H. A., & Alrawi, F. (2022). Evaluation the level of service of signalized intersection: Al-AMREIA intersection as a case study. Lecture Notes in Civil Engineering, 18–30.

Rif Amtoro, Arbima. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan (Studi Kasus Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan Jalan Wates Km.5, Gamping, Sleman, Yogyakarta). (Skripsi). Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Sarpawi, dkk. 2018. Analisis Manajemen Lalu Lintas Pada Persimpangan Jalan Sultan Hamid II - Jalan Tritura - Jalan Ya’ M. Sabran Di Kota Pontianak. Jurnal Teknik Sipil. Vol. 18 No. 1.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Waris, Milawaty. 2018. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Journal Of Health Education Economics Science and Technology. Vol. 1 No. 1.

Yayang Nurkafi, Aditya dkk. 2019. Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Simpang Branggahan Ngadiluwih Kabupaten. Jurmateks. Vol. 2 No. 1.

Published
2025-06-30
How to Cite
Pangestu, R. K. F., Herianto, D., & Putra, S. (2025). ANALISIS KINERJA SIMPANG TAKBERSINYAL MENGGUNAKAN APLIKASI PTV VISSIM . Jurnal Teknik Sipil, 14(1), 99-110. Retrieved from https://sipil.ejournal.web.id/index.php/jts/article/view/1106

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.