ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEJALAN KAKI TERHADAP JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG DI JALAN A. YANI, KOTA KUPANG
Abstract
Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan A. Yani, Kota Kupang menjadi alternatif dalam melakukan aktivitas penyeberangan agar tidak terjadi konflik antara pejalan kaki dan arus kendaraan. Akan tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan banyak pejalan kaki yang menyeberang jalan bukan melalui JPO melainkan melalui bawah JPO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat efektivitas JPO di Jalan A. Yani, Kota Kupang serta mengetahui tingkat kepuasan pejalan kaki terhadap JPO tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan metode Importance Performance Analisys (IPA). Hasil penelitian menunjukkan, nilai efektivitas JPO berkisar pada angka 4% - 7%, masuk dalam kategori “sangat tidak efektif”. Nilai efektivitas terbesar (6,36%) pada hari jumat dan nilai terkecil (4,04%) pada hari kamis. Seluruh atribut kuesioner memiliki nilai tingkat kepuasan <100% dan tingkat kepuasan total sebesar 62,86% (<100%), dengan kata lain pengguna JPO belum merasa puas dengan kinerja JPO secara keseluruhan. Atribut P13 (JPO bebas dari pedagang/pengemis) memiliki tingkat kepuasan tertinggi (92,16%) dan atribut P1 (Lantai JPO yang tidak licin dan tidak berlubang (keropos)) memiliki tingkat kepuasan terendah (39,24%).
The Pedestrian Overpass on A. Yani Street Kupang City is an alternative for crossing activities to avoid conflicts between pedestrians and the flow of vehicles. However, the ground reality shows that many pedestrians cross the road not through the overpass but under the overpass. This research aims to determine the level of effectiveness of pedestrian overpass on A. Yani Street Kupang City and to determine the level of pedestrian satisfaction with the pedestrian overpass. The analytical method used in this research is descriptive analysis method and Importance Performance Analysis (IPA) method. The results of the research show that the effectiveness value of the pedestrian overpass ranges from 4% - 7%, which is in the "very ineffective" category. The highest effectiveness value (6,36%) on Friday and the lowest value (4,04%) on Thursday. All questionnaire attributes have <100% satisfaction level value and the total satisfaction rate is 62,86% (<100%), in other words, overpass users are not satisfied with the performance of overpass as a whole. Attribute P13 (overpass is free from traders/beggars) has the highest satisfaction level (92,16%) and attribute P1 (overpass floor that is not slippery and has no holes (porous)) has the lowest satisfaction level (39,24%).
References
da Costa, D. G. N., & Demon, S. O. (2018). Strategi Pengelolaan Terpadu Fasilitas Pejalan Kaki. Jurnal Teknik Sipil, 25(2), 159. https://doi.org/10.5614/jts.2018.25.2.9
Harahap, H. H. (2014). Jenderal Sudirman Kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(1), 146–153.
Kementerian Pekerjaan Umum. (2014). Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia, 2013. http://pug-pupr.pu.go.id/_uploads/Produk_Pengaturan/ Permen PUPR No 03-2014.pdf
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2018). Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil: Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki. Kementerian PUPR, 1–43.
Kumalawati, A., Utomo, S., Frans, J. H., & Nasjono, J. K. (2021). Hubungan Volume dan Kecepatan Lalu Lintas Terhadap Kinerja Jalan Ahmad Yani Kota Kupang. Jurnal Teknik Sipil, 10(2), 139–150.
Purnomo, W., & Riandadari, D. (2015). Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Bengkel dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) di PT. Arina Parama Jaya Gresik. Jurnal Teknik Mesin, 03(3), 54–63.
Yunus, I., Kasmuri, M., & Istiqomah, A. R. (2019). Analisa Efektifitas Dan Kelayakan. Bina Darma Conference on Engineering Science, 549–565.
Copyright (c) 2024 Ari Yudanto, Andi Kumalawati, Judi K. Nasjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.