MODEL PELUANG KECELAKAAN LALU LINTAS BERBASIS GENDER DI KOTA KUPANG
Abstract
Kecelakaan lalu lintas berbasis gender di kota Kupang memiliki karakteristik yang unik yakni terdapat kesamaan di mana pengemudi laki-laki dan pengemudi perempuan yaitu mengalami kecelakan di waktu pagi (96%). Pengemudi laki-laki mayoritas mengalami kecelakaan dengan karakteristik cedera berat sebesar (96%), jenis kecelakaan tunggal dan ganda (96%), lokasi kejadian kecelakaan terjadi di tempat umum (94%), jenis tabrakan/posisi kecelakaan yang terjadi adalah tabrakan samping-samping, tabrakan depan-samping, tabrakan depan-depan, tabrak pejalan kaki sebesar (94%), dan waktu kejadian kecelakaan pada hari libur. Kecelakaan yang dialami oleh pengemudi berkarakteristi sebagai barikut: cedera ringan sebesar (98%), jenis kecelakaan tunggal (92%), lokasi kejadian di tempat khusus (96%), kecelakaan terjadi di luar kendali (96%), kecelakaan pada hari libur dan hari kerja sebanyak (98%) dan kejadian pada pagi hari sebesar (98%). Sedangkan faktor penyebabnya adalah kecepatan tinggi > 60 km/jam, tidak tertib berlalu lintas, kondisi kendaraan, tidak menghidupkan lampu sign saat hendak berbelok, mengemudi dalam pengaruh obat-obatan/alkohol, berbicara dengan pengendara lain tanpa berhenti. Model kecelakaan lalu lintas berbasis gender di Kota Kupang yang diperoleh dari analisis logit biner mendapatkan nilai probabilitas untuk pengemudi laki-laki sebesar 26,84% dan probabilitas (peluang) untuk pengemudi perempuan sebesar 73,16%. Dengan demikian probabilitas terbesar adalah pengemudi perempuan dengan besar persentase probabilitasnya 73,16%.
Gender-based traffic accidents in Kupang city have unique characteristics, namely that there are similarities where male drivers and female drivers mostly experience accidents in the morning (96%). Majority of male drivers have accidents of injury (96%), single and double types of accidents (96%), occurred in a public place (94%), a side-side collision, front-side collision, front-front collision, pedestrian collision (94%), and the time of the accident incident on holidays. The majority of accidents experienced by female drivers have the following characteristics: minor injuries (98%), single accident type (92%), location of events in special places (96%), accidents occurring out of control (96%), time of accident events on holidays and working days (98%) and time of occurrence in the morning (98%). Meanwhile, the factors are high speed of > 60 km/h, disorderly traffic, vehicle conditions, not turning on sign lights when about to turn, driving under the influence of drugs, talking to other motorists without stopping. The gender-based traffic accident model in Kupang City obtained from binary logit analysis obtained a p robability (opportunity) value for male drivers of 26.84% and a probability (opportunity) for female drivers of 73.16%. Thus the greatest probability is female drivers with a large percentage probability of 73.16%.
References
Bolla, M. E., Blegur, J. T. R. N., & Ramang, R. (2015). Analisis karakteristik dan biaya kecelakaan lalu lintas di kota kupang. IV(1), 53–64.
Bolla, M., Sir, T. M., & Bara, C. (2014). Pemodelan Kecelakaan Sepeda Motor Pada Ruas Jalan Di Kota Atambua. Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 137–148.
BPS. (2018). Kota Kupang Dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik. https://kupangkota.bps.go.id/publication/2018/08/16/8eca230beb6acfb1a263937d/kota-kupang-dalam-angka-2018.html
BPS. (2019). Kota Kupang Dalam Angka 2019. Badan Pusat Statistik.
Keparahan, Fitriah, W. W., & Mashuri, M. (2012). Korban Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Surabaya dengan Pendekatan Bagging Regresi Logistik Ordinal. 1(1).
Presiden Republik Indonesia. (2009). UU No.22 tahun 2009.pdf (p. 203). https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/uu/uu_no.22_tahun_2009.pdf
Sariwulan. (2018). Kecelakaan Lalu Lintas Di Kota Mataram Dengan Menggunakan Metode SEM ( Structural Equation Modelling ).
Siregar, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif : Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Penerbit Kencana.
Tribun kupang. (2018). Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Terbanyak di NTT akibat Humman Eror Tahun 2018. https://kupang.tribunnews.com/2018/09/22/jumlah-kecelakaan-terbanyak-di-ntt-akibat-humman-eror
Wadasena, A. S. (2011). Analisis Daerah Rawan Kecelakaan DAN Penyusunan Database Berbasis Sistem Informasi Geografis (studi Kasus Kota Denpasar).
Zayu, W. P. (2012). Studi Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Metode Revealed Preference Di Kota Padang. Jurnal Forum Penelitian, 7(1).
Copyright (c) 2023 Andi Kumalawati, Latifah N. D. Aklis, Rosmiyati A. Bella, Andi H. Rizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.