PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KUPANG-SOE MENGGUNAKAN METODE STATED PREFERENCE

  • Wila T. Landunau Program Studi Teknik Sipil, FST Undana
  • John H. Frans Program Studi Teknik Sipil, FST Undana
  • Sudiyo Utomo Program Studi Teknik Sipil, FST Undana
Keywords: Stated Preference, logistik multinomial, bus, mobil travel, sepeda motor, mobil pribadi, multinomial logit, public car, motorcycle, personal car

Abstract

Kota Soe biasa dijadikan tempat tujuan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan dijadikan tempat peristirahatan bagi wisatawan yang melewati kota ini. Ada 4 moda transportasi yang biasa digunakan untuk perjalanan Kupang-Soe yaitu bus, mobil travel, sepeda motor, dan mobil pribadi, dimana dalam pemilihan moda transportasi ini didasarkan pada anggapan bahwa proporsi permintaan perjalanan tergantung pada persaingan antar moda. Adanya perbedaan karakteristik antara keempat moda transportasi tersebut dengan rute Kupang-Soe mendasari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi seseorang dalam memilih moda untuk melakukan perjalanannya. Survey berupa kuisioner dimulai dengan menetapkan jumlah sampel yang dibutuhkan. Kemudian disebar di terminal bayangan, dan masyarakat kota Kupang yang sering melakukan perjalanan ke Soe dengan menggunakan bus, sepeda motor, dan mobil pribadi. Hasil survey dikumpulkan kemudian dilakukan analisis regresi logistik multinomial untuk mendapatkan model probabilitas dari masing-masing transportasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diketahui bawah karakteristik pengguna moda transportasi pada umumnya sama. Yang membedakan adalah beberapa faktor pemilihan untuk menggunakan moda transportasi yang diinginkan seperti alasan memilih kendaraan, tujuan/ maksud perjalanan, dan waktu tunggu sebelum berangkat. Dan berdasarkan hasil analisis logistik multinomial, probabilitas pemilihan moda transportasi terbesar adalah sepeda motor sebesar 26,75% dan probabilitas terkecil adalah mobil pribadi sebesar 23,75%.

Soe city commonly being a destination for tourist to see beautiful scenery, and being transit site for tourist who pass by this city. There are four transportations commonly used for Kupang-Soe route, namely bus, public car, motorcycle and personal car, where in this transportations selecting, based on an assumption that proportion of traveling demand will depends on competition between transportation. Absence of difference between the four transport characteristic in Kupang-Soe route become this study foundation to give a question what factor affecting someone in selecting transportations to do his travel. A survey of questionnaire begun by setting the number of samples needed. Then deployed in unofficial terminal and citizen of Kupang who traveled in often frequently to Soe with bus, motorcycle, and personal car. The survey results are collected and used Multinomial Logistic Regretion  Analysis to found out model of probability from each transportation. Based on descriptive result, showed the characteristic of moda transportation user are generally typical. The differences are moda transportation selection factors, such destination and delay time. And based on multinomial logistic regretion analysis, highest probability of moda transportation selection are 26,75% for motorcycle and lowest probability of moda transportation selection are 23,75% for personal car.

Metrics

Metrics Loading ...
Published
2019-11-10
How to Cite
Landunau, W. T., Frans, J. H., & Utomo, S. (2019). PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KUPANG-SOE MENGGUNAKAN METODE STATED PREFERENCE. Jurnal Teknik Sipil, 8(2), 205-214. https://doi.org/10.35508/jts.8.2.205-214

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.